Cara Solve Rubik's Cube 4x4x4

07.24 Unknown 0 Comments


Haaii..
Berjumpa lagi dalam pembahasan yang selanjutnya. Gimana belajar 3x3x3 nya, sukses kan ? Mudah kan gan ? Yang belum berhasil jangan menyerah dan terus semangat (y).
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang "How To Solve Rubik's Cube 4x4x4". Tentunya
levelnya sedikit di atas 3x3x3 dan cara solvenya pun berdasarkan cara 3x3x3. So pasti, jika ingin  belajar 4x4x4, harus belajar 3x3x3 dulu yang menjadi dasar dari cube-cube lainnya.

Langsung saja kita bahas bersama-sama..

Langkah - langkah dasar dalam menyelesaikan rubik's 4x4x4 ini adalah sbb. :

1) CENTER PAIRING

Pertama, Membuat 4 kotak ditengah dengan mengabaikan yanglainya terlebih dahulu. ini membutuhkan sedikit pengetahuan baru dalam bermain rubik 3x3x3.  Pusat hijau di sisi berlawanan dari kubus dari pusat biru. Merah dan kuning oranye berlawanan. Putih berlawanan dengan kuning. *sisi-sisi tidak berubah* (Jika rubik berwarna putih,kuning,merah,biru,orange,hijau)

2) EDGE PAIRING

yaitu menyamakan 2 pasang edge dari masing-masing warna.

3) 3x3x3 SOLVING
Menyelesaikan seperti Cube 3x3x3. Tetapi, Anda terkadang akan menemui Parity, yang harus anda pelajari ketika menyelsaikan layer top.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan lihat video tutorial di bawah ini.Video ane ambil dari youtube Channelnya Robert Mingliang.

Bagian 1
 
Bagian 2

Bagian 3


Nah, itu tadi tutorial tentang Rubik's Cube 4x4x4. Semoga nggak kesulitan dalam memahaminya dan semoga bermanfaat untuk agan - agan semua. Terus berlatih agar agan-agan lebih mahir dan bila perlu tambah level kesulitan, misalnya dengan menutup mata atau menggunakan satu tangan. Sekian dari saya....

"Learn and Play"



Thanks to : Robert Mingliang

0 komentar: