Tips Merawat Rubik's Cube

09.07 Unknown 4 Comments


Rubik adalah sebuah permainan yang menyenangkan dan menantang adrenalin karena kita selalu ditantang untuk menyelesaikan rubik dalam waktu yang tercepat. Namun
masih banyak diantara kita yang kurang mengetahui cara agar Rubik kita tetap terawat dan tetap dalam performa yang bagus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat Rubik kita semua :
  • Bersihkan cube minimal 2 kali dalam sebulan.
  • Hindari bermain Rubik saat tangan dalam keadaan basah.
  • Hindari bermain Rubik jika tangan berminyak.
  • Jangan terlalu sering merubah setting Rubik, karena dapat merusak core.
  • Jangan mengatur tension terlalu kuat.
  • Potonglah kuku secara rutin. Agar sticker rubik anda tetap terjaga.
  • Simpan rubik di tempat yang aman.
  • Jangan berlebihan menggunakan pelumas rubik.
Nah, dengan demikian kita telah merawat dan memanjakan Rubik kita, dan hati kita pun menjadi senang ketika memainkannya. hahaha..
Selain cara diatas, disini saya juga akan membagikan beberapa teknik lagi untuk mengatasi ke’seret’an pada Rubik dan membuat Rubik kita memiliki putaran yang lancar dan enak di gunakan. 
 
1. Breaking
Sebenarnya teknik ini dikhususkan bagi teman-teman yang mempunyai rubik ori. Teknik breaking adalah teknik yang dilakukan untuk mengendurkan pegas pada rubik ori. Rubik ori berbeda dengan Chinese DIY yang dapat diatur tensinya dengan mengendurkan mur yang ada di dalam center capsnya sedangkan rubik ori memakai sejenis paku yang menancap erat pada corenya. Teknik ini dilakukan dengan cara memaksa cube melakukan gerakan cutting corner secara berulang-ulang. Dengan melakukan teknik ini selama beberapa menit, anda akan mendapatkan rubik ori dengan putaran dan cutting corner yang lebih baik dari sebelumnya. Tapi teknik ini beresiko merusak core pada rubik anda, jadi hati-hati kalau makai teknik ini.


2. Lubrikasi
Cara berikutnya adalah pemberian pelumas. Pelumas dapat membuat cube anda memiliki putaran yang ringan dan sangat lancar. Pelumas yang digunakan adalah pelumas silicon dan bukannya pelumas berbahan dasar minyak. Penggunaan pelumas berbahan dasar minyak dilarang karena bahan minyaknya dapat merusak material cube yang terbuat dari plastik. Ada beberapa cara melakukan lubrikasi, yaitu :

  1. Menyemprotkan pelumas ke sela-sela cube tanpa membongkar cube tersebut lalu memutar cube itu agar pelumasnya tersebar merata.
  2. Melepas bagian edge pada cube lalu menyemprotkan pelumas ke bagian dalam cube.
  3. Membongkar seluruh piece pada rubik lalu semprot seluruh piece itu, setelah sedikit kering rubik dapat anda rakit kembali.
Dalam melakukan lubrikasi anda juga harus berhati-hati. Sebaiknya lubrikasi dilakukan diruangan terbuka dan cuci tangan anda setelah melakukan proses lubrikasi karena pelumas silicon mengandung zat berbahaya yang dapat merusak saraf otak, jadi jangan terlalu sering terhirup. Untuk silicon spray yang cukup banyak saya liat digunakan para cuber sih biasanya silicon spray Waxco, bisa dibeli di toko perlengkapan mobil, karena memang itu silicon spray untuk mobil, hehe. 

3. Sanding 
Ini adalah teknik terakhir. Teknik sanding adalah teknik yang bertujuan untuk meratakan
permukaan rubik yang tidak rata akibat cacat produksi. Cara ini terbukti mampu untuk meningkatkan peforma rubik. Teknik ini dilakukan dengan cara menghaluskan bagian dalam dan sudut rubik dengan cara diamplas. Tapi harus hati-hati juga, ntar plastik cubenya jadi tipis banget & ngebuat plastiknya gampang rusak atau bolong.



Semoga bermanfaat buat Anda semuanya. Ikuti terus postingan selanjutnya.


"Learn and Play"

4 komentar: